Minggu, 01 Maret 2009

KURA-KURA

KURA-KURA merupakan hewan yang sangat imut,lucu,dan unik.sekarang ini saya sedang membuat tempat untuk mengembang biakkan kura-kura,sekarang saya menggunakan kura-kura brazil,Berukuran 25 cm.
saya memilih 2cara beternak,pertama dengan menggunakan kolam semen.cara : kolam semen di desain ukuran 3X4m,dengan tinggi 75cm di tempat terbuka.
tempat kolam berisi air 3x3m,tempat bertelur 1x3m,dengan dibuatkan tempat naik bersudut 45o,ketinggian 30cm.dalam kolam diberi lubang pembuangan dengan pipa berdiameter 2inci beri lubang kecil2 di piPa tersebut dan tinggi pipa 75cm,tinggi lubang25cm.
isi tempat bertelur dengan pasir pantai sedalam 30cm.setelah semua persiapan selesai masukkan 2pasang kura-kura dewasa kedalam kolam.beri makan ikan runcah,udang dan pellet,agar serat juga terpenuhi beri tumbuhan air.
membedakan kelamin kura-kura.dengan melihat ekor,jika ekor panjang dan besar maka kura-kura tersebut jantan,jika ekor pendek kecil maka kura-kura tersebut betina

2 komentar:

  1. salam kenal pak... kondisi budidaya kura-kuranya bagaimana? sukses? boleh tidak kpn2 saya maen ke tempat budidaya anda? lokasi lamongan mn? thx

    argo - semarang

    BalasHapus
  2. bisa nggak memakai pasir kali untuk tempat bertelurnya??

    BalasHapus