Jumat, 26 Juni 2009

ttips menjinakkan hamster

Remas2 serbuk kayu hamster yang berada dalam kandang untuk memindahkan baunya ke tangan Anda. Jadi setidak2nya ada bau yang dikenal oleh hamster tersebut. Jangan mencoba untuk memegang hamster jika Anda baru saja memegang makanan karena hamster mungkin akan menggigit karena mengira tangan Anda adalah makanan yang enak.

Ketika hamster Anda mulai keluar dari kandang dan berjalan-jalan, mulailah berlatih mengambilnya dengan menggunakan kedua tangan dan membiasakan hamster untuk dipegang sedemikian rupa. Pertama kali mungkin hamster akan merasa janggal dan panic, tapi pelan2 dia akan terbiasa. Pada waktu berlatih memegang hamster sebaiknya Anda dalam keadaan duduk agar jika hamster melompat dan jatuh dari tangan Anda jaraknya tidak terlalu tinggi. Untuk hamster yang masih liar melompat adalah hal yang wajar dilakukan. Jangan mencoba untuk mengambil hamster dari atas karena dapat diartikan sebagai serangan, kenalkan hamster pada tangan Anda dari bawah. Jadi tangan Anda membuat gerakan seperti menciduk air.

Jika hamster Anda menyerang hal ini dapat menjadi masalah. Masalah yang biasa terjadi adalah ketika Anda mencoba mengambil hamster kadang2 hamster akan berbalik terlentang, mencakar tangan Anda dan memperlihatkan gigi-giginya. Jika hamster Anda bertindak seperti ini jangan coba untuk mengangkatnya! Anda kemungkinan besar akan digigit. Biarkan dia merasa santai dan nyaman dan kemudian coba lagi cara di atas perlahan-lahan.

Jika hamster tetap berlaku seperti ini, coba bujuk hamster dengan sedikit buah atau kacang. Kemudian coba elus punggungnya pelan-pelan sampai hamster terbiasa disentuh.

Biasanya hamster tidak berputar untuk menggigit, dan lebih memilih untuk menggigit objek yang ada di depannya. Jadi jangan menaruh jari-jari Anda di depan mulut hamster untuk mengurangi resiko tergigit hamster.?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar